Site Loader
Get a Quote
Rock Street, San Francisco

Menurutdari hasilriset tentang PelaksanaanKhitah bujet BantuanOperasionalSekolah (BOS) diatas, makadapat ditarikkesimpulkanbahwa :
Pelaksanaanbujet BantuanOperasionalSekolah diMINMalang 1beroprasiserasi dengan PeraturanPemerintah. BOSsangatlah bergunadalam pengelolaanpembersekolahan dan Peningkatan kualitas pembersekolahan di MINMalang 1. Halini dapatdibuktikan dengan hasil rapot siswayangberkembang setiaptahun dan presentasekelulusan yangmemuaskan sertatidak adanya siswayang tinggalkelas. Denganhadirnya bujet BOS orangtua sangatterbantu dalam pembiayaanpembersekolahan anaknya. Serasi dengantarget Pemerintahdalammengeluarkan khitahbujet BOS itusendiri yaitumenyubsidi bantuanpembersekolahan minimal tanpa biaya serasidengan wajibbersekolah12tahun bagi wargaNegaranya.
BujetBOS di MINMalang 1 jugadipakai untukpeningkatan profesiguru danpenggajian guru honorer. Sebabdalam meningkatkankualitas pembersekolahandiperlukan pula tenaga pendidik yang ahli. Dalamhal ini dengandilaksanakannya diklatguru, musyawarah kerja kepalasekolah, kontraktorkontrak kerja sama, dankelompok kerjaguru sertapelatihan-pelatihanlainnya diharapkankompetensi tenagapendidik juga meningkat dan dapat melahirkan progampengajaran yang mudahditerima olehsiswa disekolah. Pengelolaanbujet BOS diMIN Malang 1 jugadipakaiuntuk membiayaiguruhonorer, sehinggapeserta didik tidakdipungut biayadalammembiayai gajiguru honoreryang ada. Denganadanya bujetBantuanOperasional Sekolahsangatterasa sekalimanfaatnya bagi kepalasekolah, gurudantenaga honorer yangada untukmeningkatkankualitaspembersekolahan.
BujetBOSdiMINMalang 1 jugadipakaiuntuk meneyempurnakan sarana/prasarana yangminus seperti papantulis, spidoldanalatperaga lain, perpustakaanserta untukmenyubsidi honorarium personilnon-pembersekolahanmisal petugaskebersihan. BujetBOS diMINMalang 1 juga dipakaiuntuk membiayaibiaya taklangsung berupadaya air, jasatelekomunikasi, pemeliharaan saranadanprasarana, uanglembur, transportasi, konsumsi, pajak dan lain-lain. Namun demikian, adabeberapajenispembiayaan investasi dan personalia yang diperbolehkandibiayai dengan bujetBOS.
Adapunfaktor pendukungadanya khitahbujetBOS yaitu masihtingginyapresentase putus sekolahdidaerahpelosok serta kewajibanPemerintah dalam menyubsidipembersekolahan yang layakbagiwargaNegaranya minimalwajib bersekolah 12 tahun atausampai SekolahMenengah Atas (SMA). Denganadanyabujet BOS diharapkandapat untuk mengangkatkesejahteraan hidupbagi semua wargaNegara serta melaksanakankewajiban Pemerintah dalam mencerdaskan kehidupanbangsa. Faktor penghambatnya yaitumasih adanya orangtua yang minuspeduli terhadappembersekolahan anaknya, sehinggaanak minus mendapatkanperhatian dan motivasidalampembersekolahannya. Hal inisangatlah berpengaruh terhadapminatanak dalambersekolah dan peningkatanpotensianak. Denganadanyabujet BOSdiharapkan dapat mengurangipermasalahan tersebutkarena orang tua/walimurid sudah tidakterbebani oleh biayapembersekolahan anaknyasehingga mempunyaiwaktu lebih untuk memperhatikan pembersekolahandan peningkatanpotensi anak.

B. Saran
Sebagaiusaha menyampaikananjuran kepadapengambilan khitah, maka darihasil kajian penelitianmengenai ImplementasiKhitah bujet BantuanOperasionalSekolah di MIN Malang 1 dapat diajukan saran–saran sebagai berikut :
1. Bagi Kepala Sekolah
Kepala Sekolahseharusnya dapat mengelolabujet BOS denganmaksimaldalam menyelenggarakan pembersekolahan dan peningkatankualitas pembersekolahan di sekolahnya.
2. Bagi Siswa
Denganadanya bujet BOS diharapkansiswa menjadilebih giat dan aktifdalam mengikutikegiatan bersekolahmengajar di sekolahnya, serta dapat mengembangkan potensisiswa secaramaksimal.
3. Bagi Pemerintah
DiharapkanPemerintah terusmelanjutkan program BOS dan menambah besaran anggaranjumlah bujet BantuanOperasionalSekolah karena terbuktisangat besar sekali manfaatnya.

Post Author: admin